Mcpro Indonesia
Pentas Kawasan Edisi 4 Tawarkan Romansa Kotabaru Jogjakarta
Post by Mcpro Indonesia
Last update Wed, 08 Dec 2021 01:42

Kawasan Kotabaru sebagai kawasan indisch peninggalan Belanda merupakan salah satu dari lima kawasan cagar budaya di Kota Yogyakarta dengan ciri khas unik berlanggam kolonial yang dapat dinikmati oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.
Wisatawan dapat melihat keindahan arsitektur bangunan-bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1920 yang terangkai dalam desain Garden City.
Keindahan arsitektur dan kawasan Kotabaru dapat dilihat dari bangunan-bangunan yang masih berfungsi dengan baik seperti sekolah, perkantoran, stadion, gereja, hotel, rumah sakit dan rumah-rumah tinggal yang didukung dengan fasilitas jalan dan taman serta pohon perindang yang nyaman.
Sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Yogyakarta, keindahan kawasan Kotabaru berpadu dengan beragam kuliner yang dapat dijumpai dibeberapa sudutnya. Nasi goreng Padmanaba, Warung makan Mbak Yuni, Mie Ayam Ungaran, Bir Plethok dan cafe-cafe serta restoran yang ada dapat menjadi pilihan bagi wisatawan untuk menikmatinya.
Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta senantiasa mendorong eksistensi industri pariwisata disetiap kawasan, khususnya di tengah Pandemi Covid-19 saat ini salah satunya lewat acara Pentas Kawasan yang digelar secara virtual dengan mengimplementasikan protokol kesehatan secara ketat. 
“Pentas Kawasan edisi keempat menampilkan potensi-potensi destinasi arsitektur, seni budayayang ada di kawasan Kotabaru,” ujar Wahyu Hendratmoko, Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. “Atraksi kali ini menampilkan Sanggar Sekar Praja Budaya, Sanggar Praja Kusuma Budaya, B’friend Keroncong, dan Nada Senja,” tambahnya.
Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta berharap lewat penyelenggaraan acara Pentas Kawasan, potensi seni dan budaya disetiap kawasan di Kota Yogyakarta semakin terangkat dan membuat wisatawan semakin rindu untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta.
Sementara itu, Creative Director Pentas Kawasan, Ibnu Prabowo, mengatakan bahwa tayangan seni dan potensi pariwisata di kawasan Kotabaru dalam Pentas Kawasan kali ini, akan dihantarkan lewat narasi dan wawancara dengan penggiat sejarah dalam tajuk berjudul Nitilaku Romansa Kotabaru.
 “Seperti dalam banyak literasi, Kotabaru sangat kuat akan aspek sejarahnya,” ujar Ibnu. “Sehingga hal tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi audience untuk menyaksikan tayangan ini,” pungkasnya.
Pentas Kawasan #4 Kotabaru akan mulai tayang pada tanggal 7 November 2021 pukul 19:00 di kanal youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dan Pemkot Jogja.

 

500 views (400 unique visitors)